Kamis, 24 Januari 2013

Bagaimana kertas mempengaruhi warna cetak

Bagaimana kertas mempengaruhi warna cetak
Pernahkah Anda mendapat pertanyaan dari klien, mengapa hasil cetak yang anda berikan warnanya berbeda dari yang mereka harapkan?
Reaksi pertama mereka mungkin menyalahkan sang designer, dan itu normal. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana kesalahan tersebut bisa terjadi.
Klien yang menyalahkan seorang designer tidak sepenuhnya bisa dibilang salah, karena mereka (klien) tidak memiliki pengetahuan dasar tentang bagaimana kertas yang berbeda dapat menghasilkan nada warna (color tones) yang berbeda walaupun menggunakan tinta yang sama. Seorang designer tentunya mengetahui hal itu, dan sebaiknya menginformasikan kepada klien sebelum proses cetak dimulai.
Color Control atau panduan warna sangatlah penting dalam proses cetak offset, bahkan pada saat anda tidak menggunakan tinta warna (cyan, magenta, yellow). Tinta hitam dapat muncul untuk memiliki warna saat dicetak pada substrat warna.

Bagaimana kertas mempengaruhi warna cetak

Ingat, tingkat ketebalan kertas, serat dan warna kertas yang digunakan mempengaruhi warna tinta.
Selain itu, lampu atau sumber cahaya yang anda gunakan untuk melihat/kontrol produk pada saat proses cetak dapat secara signifikan mempengaruhi nada warna. Anda tentu sering melihat bagaimana supermarket mendistorsi warna untuk menampilkan daging yang mereka jual dengan pencahayaan yang berbeda, hal ini agar lampu dapat memberikan efek lebih segar pada daging.
Jika Anda memilih warna dari sebuah buku panduan warna (color swatch book) dan meminta 100 percetakan untuk mencetak, Anda juga bisa mendapatkan 100 nada warna yang berbeda. Jika anda tidak memiliki buku panduan warna, berikut adalah beberapa petunjuk berguna untuk sebelum Anda membeli panduan warna Pantone.
Selalu minta percetakan untuk memberikan contoh hasil cetak (print proof) baik offset maupun digital dalam bentuk hard copy, sebelum penandatanganan kontrak pekerjaan cetak Anda. Biaya print proof ini biasanya dimasukkan ke dalam nilai kontrak. Proof design berupa PDF atau format soft copy lainnya, tidak akan menunjukkan hasil yang akurat bagaimana hasil warna cetakan Anda.
Apakah Anda selalu puas dengan warna hasil cetak Anda?


pesan jasa kemasan

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More