Jumat, 11 Januari 2013

Tujuan Desain Kemasan

kemasan
Tujuan desain kemasan dibatasi oleh latar belakang pemasara yang relevan dan tujuan strategis suatu merek. Idealnya, tenaga pemasaran atau produsen menyediakan informasi, dan poin-poin spesifik dan detail untuk mengukur tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan suatu desain kemasan dengan efektif dan tepat guna.

Jawaban terhadap banyak pertanyaan berikut ini akan mengarahkan Anda para pebisnis dan pengusaha untuk mendapatkan informasi yang mendukung proses pembuatan desain kemasan dan menyediakan kerangka kerja berupa brief bagi kami selaku penyedia jasa desain kemasan dan juga cetak pacakaging murah. Sekaligus menyediakan sarana informasi penempatan produk di pasaran.
  1. Siapakah konsumennya ?
  2. Di lingkungan mana produk akan bersaing ?
  3. Pada harga jual berapa produk akan dijual ?
  4. Berapa biaya produksinya ( desain dan cetak ) ?
  5. Apa metode distribusi yang direncanakan ?
Penentuan posisi pada pangsa pasar menetukan penempatan produk dalam lingkungan ritel yang kompetitif dan menyediakan patokan arah desain packaging yang ingin dibuat. Tujuan pembuatan desain kemasan menjadi lebih jelas pada saat parameter pemasarantelah didfinisikan dengan baik.

Metode desain kemasan, atau "bagaimana cara" pengembangan, ditentukan oleh apakah tujuannya adalah untuk perkembangan produk baru, brand awareness, perluasan merek yang ada ke lini produk baru, pengenalan varian produk, atau reposisi merek, produk, atau jasa.

kemasan teh gelas
Tanpa mempedulikan apakah desain kemasan itu untuk produk baru atau produk yang sudah ada sebelumya, tujuan utama mempromosikan penjualan tercapai melalui komunikasi merek yang segera dan jelas (jaminan merek) dan jenis produk (atribut produk). Riset pemasaran mengklaim bahwa 80 persen dari keseluruhan produk yang disentuh oleh konsumen di rak belanja akan dibeli.

Kuncinya adalah mengungguli dan menerobos kerumunan visual dalam kompetisi  ritel. Mencuri perhatian calon pembeli melalui informasi subtle yang dinyatakan dalam kemasan ini bagus / menarik, saya suka.

Poin pokok :
  1. Ketepatan kategori
  2. Penyesuaian
  3. Pengalaman konsumen
  4. Fungsi
  5. Penampilan estetika
  6. Daya tarik bagi konsumen (bukan daya beli masyarakat)
  7. Inovasi
  8. Hak milik merek
Contoh bagus dalam kaitan penyesuaian adalah kemasan minuman merek Coca Cola yang dikemas dengan warna dan sekaligs penyampaian pesan branding yang berbeda pula.
  Desain Kemasan Minuman

Pendekatan desain yang segar, modern dan dinamis ini kemudia mendapatkan perharian konsumen sebagai merek multi nasional karena mencerminkan kepribadian merek yang unik dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari pada konsumennya. Umumnya tujuan desain kemasan atau pembuatan desain packaging menggunakan jasa desain profesiaonal adalah :

  1. Menampilkan atribut unik pada sebuah produk
  2. Memperkuat penampilan estetika dan nilai (value) produk
  3. Mempertahankan keseragaman dalam kesatuan merek produk
  4. Memperkuat perbedaan antara variasi produk dan lini produk
  5. Mengembangkan bentuk kemasan berbeda yang sesuai dengan kategori
  6. Menggunakan material baru dan mengembangkan struktur inovatif untuk mengurangi biaya, lebih ramah lingkungan, aman dipakai, atau meningkatkan fngsionalitas
  7. Menetapkan nilai produk dengan cara positioning dalam benak konsumen
  8. Rebranding untuk mencapai kesesuaian citra produk
Idealnya, suatu desain kemasan dievaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa desain tersebut sudah sesuai dengan permintaan pasar yang terus berubah. Berkala yang dimaksud adalah dalam ukuran tahun, misal satu tahun sekali. Jika sudah dianggap sukses maka sebaiknya dikuatkan bukan dibiarkan begitu saja. Dikuatkan dengan desain baru yang masih terdapat elemen-elemen desain yang mirip dengan desain kemasan yang lama. Dengan cara ini konsumen tidak kaget dengan perubahan yang ada. Berubah sedikit demi sedikit.

Jika kemasan dianggap kurang sukses maka sebaiknya diganti dengan total baru yang dikemudian diumumkan melalui promo dan iklan media massa.

desain kemasan sari buah

Pada akhirnya para pengembang produk, pengusaha, pebisnis, produsen produk, produsen material kemasan, desainer kemasan, dan tenaga pemasaran, kesemuanya memainkan peran dalam kesuksesan atau kegagalan desain kemasan dalam memenuhi tujuan pemasaran suatu merek konsumsi.

Bagaimana dengan desain kemasan produk Anda ? Apakah tujuan desain kemasan sudah tercapai dan bagaimana Anda menyikapinya ?


pesan jasa kemasan

2 komentar:

SY HERLINA DI PASURUAN....SY TERTARIK JASA KEMASANNYA, MOHON DI INFOKAN HARGA DAN MINIMUM ORDERNYA. TRMKASIH

Saya setuju. Tujuan desain kemasan ataupun Box Makanan adalah untuk menarik perhatian pelanggan.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More